Tips Membuat dan Menyampaikan Presentasi

Hai hai hai :D Pada kesempatan kali ini, penulis ingin mencoba membagikan tips dalam membuat dan menyampaikan suatu presentasi. Untuk tingkatan mahasiswa, tentunya presentasi bukanlah suatu hal yang asing didengar. Entah karena tugas dari dosen, promosi suatu kegiatan dalam konteks keorganisasian, atau masih banyak lagi. Nah, kira2 gimana sih caranya membuat presentasi kita itu jadi terlihat “wah”? Berikut ini beberapa tips versi penulis, check it out! 
·         Tahap Pembuatan
1.         Pertama, kita pastinya harus punya dulu media untuk penyampaian presentasinya, seperti Ms. Power Point, Prezi, dan masih banyak lagi. (Dalam tulisan kali ini, penulis hanya akan membahas media Ms. Power Point). Kemudian, coba kenali fitur-fitur apa saja yang ada didalamnya. Caranya? Ya dengan sering2 menggunakan media tersebut. Semakin sering kita gunakan, kita akan lebih mampu untuk mengoptimalkan tampilan presentasi yang kita buat ^^
2.         Usahakan agar setiap kali kita membuat presentasi yang berbeda, kita mencoba men-kreasikan sesuatu yang berbeda juga untuk meningkatkan kreatifitas kita (bisa dengan cara mengubah font, background, animasi, dan lain sebagainya).
3.         Perhatikan tema / bahasan yang akan disampaikan. Sesuaikan background, animasi, dsb dengan tema tersebut.
4.         Usahakan warna font dengan warna background terlihat kontras bedanya. Karena umumnya, apa yang terlihat dilaptop/ komputer kita saat kita membuatnya, akan sedikit berbeda ketika ditampilkan di layar menggunakan LCD (terkadang dilaptop/komputer terlihat jelas, namun ketika dilayar menjadi samar2).
5.         Untuk ukuran font, usahakan lebih dari 28 pt (kurang dari itu, umumnya tulisan dilayar akan terlihat kekecilan).
6.         Dalam membuat presentasi, jangan terlalu banyak menuliskan teks. Tulis teks pada slide hanya untuk menuliskan inti / kata kunci dari apa yang ingin disampaikan. Selebihnya, disampaikan secara lisan. Akan lebih baik jika diberi gambar-gambar yang menunjang. Seperti misalnya, jika kita ingin menyampaikan suatu data statistik, akan lebih baik jika kita meletakkan gambar grafiknya saja, kemudian kita jelaskan secara lisan isi dari grafik tersebut.
7.         Jangan buat slide terlalu banyak. Satu pokok pembahasan usahakan bisa ditulis hanya dalam 2 sampai 3 slide.
8.         Buat presentasi dengan durasi waktu penyampaian sekitar 15 – 20 menit. Lebih dari itu, audience cenderung akan bosan atau lelah.

·         Tahap Persiapan
1.      Coba latihan menyampaikan presentasi, bisa minta tolong temen jadi audience nya, atau kalo nggak sempet, latihan didepan cermin aja :3
2.      Saat latihan, usahakan di-timer.
3.      Kuasai dan pahami materi yang akan disampaikan, jangan hanya dihafalkan. Karena dengan memahami, akan membantu kita berimprovisasi (apalagi kalau kita sempat lupa, kita bisa improve sendiri secara spontan tanpa keluar dari topik yang ingin disampaikan).
4.      Jika diperlukan, kita bisa membuat catatan2 dikertas kecil untuk dibawa saat kita presentasi.

·         Tahap Presentasi
1.      Tibalah saatnya presentasi :D
Fokus! Jangan panik. Kondisiin diri kita menjadi nyaman sesuai cara kita masing2. Anggep aja nggak ada yg nontonin kita presentasi. .
2.      Tatap mata audience. Jika memang belum terbiasa, tatap dahinya aja. Usahakan untuk menatap keseluruh audience.
3.      Jangan bicara terlalu cepat, santai aja, tapi tetep perhatiin waktu J
Kalo waktunya udah tinggal dikit, tapi ternyata materinya masih banyak yg harus disampein, coba potong bagian2 yg tidak terlalu penting, jangan meningkatkan kecepatan bicaranya. Inilah fungsinya kita memahami materi, jd kita juga tau bagian mana yang sekiranya bisa dipotong.
4.      Kenali audiencenya dan atmosfir yang terbangun saat presentasi tersebut. Jika memungkinkan, coba selingi dengan joke untuk memecahkan suasana agar tidak monoton.


Nah itu tadi beberapa tips dari penulis untuk membuat dan menyampaikan presentasi. Tapi, tips2 diatas itu nggak saklek ya, karena akan lebih bagus ketika kita udah berhasil nemuin style kita sendiri dalam membuat dan menyampaikan presentasi. Sekian, dan semoga bermanfaat. Semangat berkarya! :D

Comments

Popular posts from this blog

Professor Muda dan Pakar Teknologi Nano di AS, Asal Indonesia

Sejarah Layout: Dari Zaman Batu Hingga Zaman Internet

ARTIKEL ILMIAH POPULER