APA ITU JURNAL?


Sebaian dari kalian pasti sudah tahu apa itu jurnal, terutama bagi kalian para mahasiswa yang notabene sering diberi tugas buat jurnal atau resume jurnal. Ada banyak jenis jurnal, ada jurnal akuntansi, jurnal ilmiah, jurnal pendidikan dst. Menurut Hakim (2012) jurnal ilmiah adalah majalah publikasi yang memuat Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang secara nyata mengandung data dan informasi yang mengajukan IPTEK dan ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah kepenulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Sedangkan, menurut wikipedia jurnal ilmiah merupakan salah satu jenis jurnal akademik di mana penulis (umumnya peneliti) mempublikasikan artikel ilmiah yang biasanya memberikan kontribusi terhadap teori atau penerarapan ilmu.

Untuk memastikan kualitas ilmiah pada artikel yang diterbitkan, suatu artikel biasa diteliti oleh rekan-rekan sejawatnya dan direvisi oleh penulis, hal ini dikenal sebagai peer review (review oleh orang-orang yang lebih berkompeten). Penulisan jurnal ilmiah bertujuan agar penelitian-penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui dan dimanfaatkan secara umum, termasuk menjadi acuan dalam penelitian yang memiliki topik yang hampir sama. Di sisi lain, penulisan jurnal ilmiah juga bertujuan untuk mematenkan penelitian yang sudah dilakukan sehingga tidak ada penelitian yang sama persis dilakukan. Hal ini menjadi daya dorong untuk memunculkan penelitian-penelitian baru selanjutnya.

Perkembangan Jurnal
Perkembangan jurnal awalnya dalam bentuk buku, namun seiring berkembangnya teknologi informasi, jurnal kini diterbitkan dalam bentuk elektronik, atau lebih dikenal dengan nama e-Journal.
Adapun link-link untuk mengakses jurnal elektronik diantaranya seperti www.jurnal.lipi.go.id, www.e-jurnal.com, dan www.ezproxy.ugm.ac.id bagi civitas akademika UGM.
 
Karakteristik Jurnal Ilmiah
Jurnal memiliki cakupan materi yang luas namun sangat padat, hanya 6-8 halaman, namun setiap kalimatnya bernilai ilmu pengetahuan. Jurnal bersifat sangat efektif, tidak memuat gambar atu tabel. Untuk jurnal matematika, umumnya banyak teori rumus dasar yang tidak ditulis, sehingga hanya orang-orang yang sebidang yang dapat memahami isi dari jurnal ilmiah tersebut.   @Deca


Contoh jurnal

~Dedew~

Comments

Popular posts from this blog

Professor Muda dan Pakar Teknologi Nano di AS, Asal Indonesia

Sejarah Layout: Dari Zaman Batu Hingga Zaman Internet

ARTIKEL ILMIAH POPULER