10 Alasan Mengapa Bumi adalah Satu-satunya Planet yang Mampu Dihuni Manusia.


       Planet bumi adalah sebuah planet yang paling unik di tata surya bahkan mungkin di alam semesta. Banyak sekali bintang di ruang angkasa. Tentu banyak pula tata surya lain di luar sana. Sudah bertahun tahun manusia melakukan penelitian ke luar ngkasa untuk mengetahui apakah ada mahluk cerdas lain di luar sana. Tapi hasilnya masih belum ada, mungkin karena kita memang sendirian di alam semesta. Lalu bagaimana bumi begitu spesial dan mampu mendukung suatu kehidupaan yang komplek? Berikut keunikan bumi yang tidak dimiliki planet lain.

1.      Bumi memiliki satelit alam yang unik
       Bulan yang merupakan satelit bumi memiliki keunikan jika di banding satelit yang dimiliki palnet lain di tata surya. Bulan memiliki jarak yang dekat dengan bumi dan memiliki ukuran yang besar.  Hal ini berbeda dengan satelit alam pada planet lain yang umumnya jauh dan kecil. Hal ini mengakibatkan bulan memiliki pengaruh terhadap bumi. Pengaruh yang teramati secara langsung adalah fenomena pasang surut. Pasang surut membuat bumi memiliki bagian kadang tergenang air dan kadang tidak. Ini merupakan lingkungan yang baik bagi mahluk yang hidup di dua habitat. Disisi lain pengaruh gravitasi mempengaruhi atmosfer sehingga pergerakan udara stabil hal ini membuat bumi memliki iklim yang konstan. Tanpa bulan akan terjadi kekacauan di atmosfer sehingga bumi tidak memiliki iklim yang teratur yang cocok bagi mahluk hidup.

2.      Bumi memiliki atmosfer yang cocok
       Atmosfer merupakan komponen yang sangat vital bagi mahluk hidup. Atmosfer menyediakan oksigen dan gas-gas lain yang diperlukan bagi mahluk hidup. Atmosfer menjaga suhu relatif konstan. Tanpa atmosfer akan terjadi perubahan suhu yang sangat ekstrem antara siang dan malam. Selain itu atmosfer sangat penting untuk perlindungan. Tanpa ada atmosfer bumi akan sangat serig kejatuhan meteor yang sangat berbahaya.

3.      Ukuran bumi
       Bumi memiliki ukuran yang cocok untuk mahluk hidup. Massa sebuah planet akan mempengaruhi kekuataan gravitasinya. Jika gravitasi terlalu besar maka planet tersebut tidak mungkin bisa ditinggali,jika terlalu kecil maka planet akan perlahan lahan kehilangan lapisan atmosfer karena gravitasi tidak bisa menahannya. Hal ini bisa dilihat pada planet Mars. Planet tersebut terlihat memiliki bekas bekas sungai dan banjir. Hal tersebut menunjukan dulu Mars juga merupakan planet yang memiliki atmosfer dan air. Disisi lain ukuran bumi juga mengakibatkan bumi memilliki waktu rotasi yang tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat. Hal ini sangat penting untuk keberlangsungan mahluk hidup secara umum.

4.      Adanya tanah, air, serta komponen udara tertentu
       Mahluk hidup hanya bisa hidup jika lingkungannya sesuai. Bumi memiliki tanah yang sangat vita sebagai penyedia kehidupan darat (teresstial). Tanah sendiri diperkirakan ada setelaah butuh waktu jutaan tahun sejak bumi terbentuk . Lalu bumi memiliki air dalam jumlah yang sangat melimpah dilaut. Hal ini sangat jarang ditemui di planet lain,apalagi dalam jumlah besar. Lalu udara yang dimiliki planet bumi juga cocok bagi berbagai aktifitas biologis seperti fotosintesis dan respirasi.

5.      Jarak yang cocok dengan matahari
       Jarak bumi sangat cocok bagi kehidupan, tidak terlalu dekat ataupun terlalu jauh. Jarak yang terlalu dekat akan menyebabkan suhu terlalu tinggi dan perbedaan

6.      Adanya planet lain dengan gravitasi besar
       Bumi  beruntung karena ada plannet jupiter. Planet jupiter memiliki ukuran yang besar akibatnya gaya gravitasi jupiter juga besar. Hal ini sangat penting karena planet jupiter melindungi bumi dari gempuran asteroid-asteroid besar yang mungkin akan jatuh ke bumi.

7.      Bumi memiliki medan magnet alami
       Medan magnet alami yang ada di bumi penting untuk membelokan angin matahari yang berbahaya. Hal ini terlihat sebagai aurora.

8.      Bumi memiliki kemiringan
       Bumi memiliki kemiringan pada sumbu rotasi. Akibatnya bumi mengalami perubahan  musim yang teratur sepanjang tahun. Tanpa adanya hal ini tidak akan ada perubahan musim yang teratur.  

9.      Mahluk hidup di bumi secara alami mengkuti siklus materi dan aliran energi
       Sisa mahluk hidup akan membusuk dan terurai kemudian dapat digunakan lagi oleh mahluk lain. Hal ini menyebabkan secaraa alami tidak akan terjadi pencemaraan apapun di bumi. Sementara itu matahari menjadi sumber energi utama oleh organisme fotosintetik. Energi ini akan dialirkan ke konsumen lain seiring dengan rantai makanan.

10.  Memiliki vulkano
       Vulkano memiliki peran yang penting dalam pembentukan pulau benua dan gunung api. Tanpa adanya gunung maka seluruh tanah yang ada dimuka bumi akan terendam air laut. Tenaga vulkano juga mendorong pergerakan benua yang menyediakan variasi haabitat bagi mahluk hidup.

Comments

Popular posts from this blog

Professor Muda dan Pakar Teknologi Nano di AS, Asal Indonesia

Sejarah Layout: Dari Zaman Batu Hingga Zaman Internet

ARTIKEL ILMIAH POPULER