Sejarah Layout: Dari Zaman Batu Hingga Zaman Internet

             Jurnalistik atau biasa disebut media adalah kegiatan penyiapan, penulisan, penyuntingan, dan penyampaian berita kepada khalayak melalui saluran cara tertentu. Penyampaian berita, khususnya di media cetak dan online, sangat membutuhkan tampilan desain yang menarik supaya pembaca tidak bosan menikmati isi dari artikel yang disajikan. Ada beberapa aspek pertimbangan dalam perencanaan desain komunikasi visual atau desain grafis yang baik dan berhasil, diantaranya aspek teknikal, selain berkaitan dengan ukuran, pemilihan material dan metode reproduksi atau proses cetak, juga manual desain.
         Layout merupakan salah satu hal yang berkaitan dengan desain komunikasi visual. Tampilan artikel dapat dipercantik salah satunya dengan layout. Pada dasarnya layout dapat dijabarkan sebagai tata letak elemen-elemen desain terhadap suatu bidang dalam media tertentu untuk mendukung konsep/pesan yang dibawanya. Me-layout adalah salah satu proses/tahapan kerja dalam desain. Dapat dikatakan bahwa desain merupakan arsiteknya, sedangkan layout pekerjanya.
          Desain dan layout yang kita lihat di masa kini sebenarnya adalah hasil perjalanan dari proses eksplorasi kreatif manusia yang tiada henti di masa lalu. Menyelami proses itu akan memperkaya wawasan seorang desainer sekaligus membuatnya lebih bijaksana dalam berkarya. Sejarah layout dimulai dari zaman batu dan terus berkembang hingga tiba di zaman internet kini. Berikut kilas jejak perkembangan layout dari waktu ke waktu:
  • Dimulai dari 25.000 tahun S.M dimana para pemburu yang hidupnya berpindah-pindah di zaman Paleolitikum sampai Neolitikum melukisi dinding gua dengan objek-objek binatang, peristiwa perburuan, dan bentuk-bentuk lain.
  • Kurang lebih 1.500 tahun S.M bangsa Mesir mulai mengenal sistem tulisan hieroglyph dan menggunakan papirus sebagai kertasnya. Sementara di Cina, masyarakatnya mengembangkan tulisan yang menggunakan lebih dari 40.000 karakter.
  • Orang-orang terpelajar dari Phoenicia (sekitar Syria, Yordania, Israel, Palestina, dan Lebanon) melakukan inovasi yang luar biasa: menciptakan sistem tulisan yang tadinya menggunakan lebih dari 500 karakter menjadi hanya 22 karakter saja. Sistem ini disebut Cuneiform.
  • Bangsa Yunani lalu mengadopsi sistem Cuneiform sekitar tahun 800-900 S.M. Karakter dalam tulisan Yunani selanjutnya digunakan oleh orang-orang Romawi dengan beberapa penyesuaian untuk menuliskan literatur mitologi, filsafat, dan kepercayaan mereka.
  • Pada pertengahan abad ke-12, setelah 600 tahun invasi, migrasi dan hubungan dagang dengan Cina, orang-orang Eropa mulai mengenal cara pembuatan kertas yang lebih murah. Pabrik kertas pertama didirikan di Fabriano, Italia tahun 1276. Lalu di Troyes, Perancis tahun 1348.
  • Peristiwa yang paling bersejarah adalah pada tahun 1450, saat seorang penemu berkebangsaan Jerman bernama Johann Gensfleisch zum Gutenberg mengembangkan suatu sistem pencetakan: moveable type, yang dapat memproduksi ribuan hasil cetakan di atas kertas dalam waktu yang singkat.
  • Pada tahun 1820-an muncul katalog pertama sebagai media penawaran produk.
  • Tahun 1826 Joseph Niepce memperkenalkan fotografi yang pertama sebagai pelengkap katalog.
  • Art Nouveau muncul di Perancis sebagai dampak teknologi pencetakan warna lithography yang makin berkembang. Tokoh-tokohnya antara lain: Jules Cheret yang dikenal sebagai pencetus seni poster modern, juga Henri de Toulouse Lautrec dan Alphonse Mucha. Gaya Art Nouveau mengglobal sekitar tahun 1890-1910.
  • Aliran Kubisme pada seni rupa mulai bangkit berkat Pablo Picasso sekitar tahun 1907-an.
  • Pembuatan Corporate Identity pertama dilakukan oleh desainer Jerman Peter Behrens untuk perusahaan AEG tahun 1907. Behrens juga mengerjakan arsitekturnya, periklanan, desain produk, dan lain-lain.
  • Bauhaus didirikan di Weimar, Jerman tahun 1919 oleh Walter Gropius. Menjadi tonggak sejarah dan mempengaruhi desain abad 20, baik itu desain grafis, produk, furniture, dan arsitektur.
  • Desain majalah mulai marak di tahun 1960-an. Majalah Harper Bazaar terkenal mewakili sisi gemerlap masa itu. Desainer Herb Lubalin dikenal lewat karya-karyanya saat menjadi art director majalah Avant Garde dan Eros.
  • Tahun 1970-an dan 1980-an: Bangkitnya budaya corporate branding dan maraknya dunia periklanan menjadikan kebutuhan akan layout dan pencetakan materi-materi publikasi makin tidak terbatas.
  • Tahun 1990-an perkembangan media digital sangat pesat.
  • Teknologi internet dilanjutkan dengan teknologi mobile. Tahun 2000-an diwarnai dengan maraknya SMS, MMS, ringtone, java game, mobile game, mobile banking, dan segala macam pertukaran informasi dengan sangat mudah.


            Layout dan desain tidak dapat berjalan sendiri-sendiri. Harus ada perpaduan yang harmonis supaya didapatkan tampilan yang menarik dalam hal penyampaian berita atau informasi. Perkembangan layout mungkin akan terus terjadi. Hal ini berbanding lurus dengan berkembangnya teknologi yang ada. Satu hal yang pasti, layout dapat dikatakan sebagai ciri khas atau ruh dari media yang bersangkutan. Layout yang dikerjakan melalui proses dan tahapan yang benar bukan tidak mungkin akan berdampak positif pada tujuan apapun yang ingin dicapai desainer melalui karya desain yang dibuatnya.


Source: Layout: Dasar & Penerapannya (Surianto Rustan, S.Sn.)

Comments

  1. Yah, sumbernya cuma judul bukunya doang..penulisnya enggak..
    tambah gambar please, masak cuma point-point gtu.. :D

    ReplyDelete
  2. trus antara 900 SM - pertengahan abad 12 M ?

    ReplyDelete
  3. @Mari berFikr: Maaf, kelewat :D udah dibenarkan. Untuk lebih lengkap, dibaca saja bukunya. Hitung2 melariskan bukunya :D

    @prohack master: Tidak ada catatan sejarah yang jelas karena masih banyak orang buta huruf. Catatan sejarah pun hanya orang kaya yang bisa memiliki. CMIIW :)

    ReplyDelete
  4. maaf saya kira (fbi_1412) itu sumbernya saya buka malah menuju blog tanpa post. :D

    Kalo boleh saya minta resensi bukunya bisa? Untuk teori prinsip layout ada link atau bukunya mas?

    Salam, blogger

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Professor Muda dan Pakar Teknologi Nano di AS, Asal Indonesia

ARTIKEL ILMIAH POPULER