Apakah Negara Kita Sudah Berdaulat di Bidang Energi?

Dalam bidang energi, negara kita belum berdaulat. Karena meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia sejak tahun 2005-2011 tentunya disertai dengan meningkatnya kebutuhan energi akibat bertambahnya jumlah rumah, beragam bangunan komersial serta industri. Berdasarkan detik.com terdapat empat sektor utama pengguna energi, yaitu perumahan, perdagangan, maupun di bidang perindustrian dan transportasi. Saat ini pengguna energi terbesar adalah sektor industri dengan pangsa 44,2%. Konsumsi terbesar berikutnya adalah sektor transportasi dengan pangsa 40,6%, diikuti dengan sektor rumah tangga sebesar 11,4% dan sektor komersial sebesar 3,7%.
Sampai saat ini, sumb er  energi yang digunakan seba gian besar masih berasal dari  fosil, yaitu minyak bumi sebesar 46,9%, batu bara sebanyak 26,4% dan gas alam sebesar 21,9%. Sementara tenaga  air (hidro) dan energi terbarukan lainnya hanya sekitar 4,8% dari total sumber daya energi yang termanfaatkan.
Pemerintah Indonesia sudah kehabisan akal dan mengalami kebuntuan untuk menyelesaikan masalah Bahan Bakar Minyak (BBM) sehingga memutuskan untuk menaikkan harga dan mengurangi subidi. Walaupun kenaikkan harga BBM mendapatkan penolakan dari berbagai pihak, sayangnya keputusan ini disetujui oleh wakil rakyat melalui mekanime voting. Oleh karena itu beberapa hal yang sebaiknya dilakukan adalah : melakukan perbaikan tata kelola energi yang ada di Indonesia yang semakin hari semakin buruk ;meluruskan kembali paradigma bahwa seluruh sumber daya alam yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak harus dikuasai negara, tidak boleh asing maupun swasta. Salah satunya adalah BBM ;meninjau ulang konsep subsidi BLSM. 
Di  Jepang subsidi diberikan dalam bentuk yang lebih mendidik seperti bantuan orang tua per bulan (Jido teate), bantuan melahirkan, bantuan sekolah, bantuan berobat. Untuk masyarakat miskin dibebaskan dari pajak sehingga bantuan tersebut benar-benar membantu kehidupan masyarakat miskin. Dengan solusi tersebut, diharapkan Indonesia mulai bergerak dan menjadi Negara yang berdaulat di bidang energi.  nimamega

Comments

Popular posts from this blog

Professor Muda dan Pakar Teknologi Nano di AS, Asal Indonesia

Sejarah Layout: Dari Zaman Batu Hingga Zaman Internet

ARTIKEL ILMIAH POPULER