Selamatkan Generasi Penerus dari Bahaya Gadget

     
    Apa yang akan kita pikirkan pertama kali tentang permainan anak-anak? Bekel? Congklak? Gasing? Jika masih berpikiran seperti itu maka mungkin Anda merupakan generasi lawas. Mengapa? Tentu, kita semua sudah mengetahui jawabannya. Ya, anak-anak saat ini terutama anak yang hidup di kota besar sudah tidak lagi mau bermain permainan tradisional yang dulu seharusnya sering dimainkan oleh anak-anak. Sebabnya sudah tentu karena faktor perkembangan teknologi yang sangat pesat.
      Menurut data Lembaga riset Statista yang dirilis situs okezone.com, sebanyak 17 persen anak berusia di bawah delapan tahun di Amerika Serikat (AS) menggunakan komputer tablet atau smartphone setiap hari. Selain 17 persen anak menggunakan perangkat mobile, beberapa lainnya aktif dalam menggunakan komputer, bermain game mobile, bermain video game di konsol, dan membaca eBook. Sebelumnya juga diberitakan, lembaga studi lain merilis hasil survei bahwa 38 persen anak di bawah dua tahun sudah akrab dengan smartphone. Dua dari lima anak sudah diperkenalkan smartphone milik orang tuanya meski digunakan hanya sebagai mainan.
     Riset diatas memang dilakukan di luar negeri, tapi bagaimanakah dengan keadaan anak-anak di dalam negeri kita sendiri? Sayangnya keadaan yang sama juga ditemukan di dalam negeri kita tercinta, bahkan banyak anak yang masih  balita (3 tahun), namun sudah mahir memainkan komputer tablet dan smartphone. Mungkin di jaman globalisasi ini fenomena tersebut sudah biasa terjadi. Bahkan tidak sedikit orang tua yang berlomba-lomba membelikan gadget terbaru untuk buah hati mereka meskipun seharusnya umur anak-anak mereka belum pantas untuk memainkan gadget.
     Tak banyak juga orang tua yang menyadari bahwa memberi gadget pada anak-anak mereka justru dapat mengancam masa depan anak itu sendiri, baik dari segi kesehatan, sosial maupun prestasi yang diraih anak tersebut. Berdasarkan riset yang diprakarsai Abertawe Bro Morgannwg University (ABMU) Health Board, setelah jumlah anak yang dirawat akibat sakit leher dan tulang punggung meningkat dua kali lipat hanya dalam waktu enam bulan. Dalam risetnya, peneliti menemukan, 64 persen dari 204 responden anak berusia 7-18 tahun, menderita sakit punggung. Namun, hampir 90 persen tidak mengatakan kepada siapa pun terkait sakit yang diderita. Sementara itu, 72 persen anak usia sekolah dasar mengakui mengalami sakit punggung.
     Tidak hanya dari segi kesehatan, penggunaan gadget pada anak usia dini juga dapat menimbulkan dampak negatif pada bidang sosial, menurut data yang dilansir situs suaramerdeka.com, di Jepang, gejala kecanduan gadget ini dikenal sebagai hikikomuri, dan telah menjadi gejala sosial yang serius. Anak dengan hikikomuri cenderung menarik diri dari pergaulan dan interaksi dengan dunia nyata dan lebih memilih untuk berinteraksi di dunia maya. Mereka menjadi asosial. 
      Miris, ya itulah yang kata yang pantas menggambarkan keadaan generasi penerus saat ini. Di usia yang masih sangat belia mereka sudah dikenalkan oleh sesuatu yang dapat merusak diri mereka sendiri. Kita semua sepakat bahwa tidak selamanya teknologi terutama gadget memberikan dampak buruk bagi anak-anak. Jika dimanfaatkan secara tepat guna gadget justru akan memberikan keuntungan yang sangat besar bagi penggunanya. Sudah saatnya orang tua sadar dan peduli, karena semua berawal dari orang tua. Didikan orang tual-lah sebagai filter awal bagi anak-anaknya. Jika generasi penerus rusak, bagaimanakah dunia ini di masa depan? dan peran kita sabagi Mahasiswa dan saintis adalah terus berinovasi memngembangkan sistem keamanan dan software khusus anak-anak. Sehingga kedepanya gadget merupakan komoditi yang bermanfaat bagi anak anak dan lebih mecerdaskan bangsa.

Pennulis : Dianputh
Editor     : Loke



Comments

  1. Bahayanya cuman sakit pinggang doang sing di bahas -__- , kirain bahaya yang lebih gede sing di bahas :p

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Professor Muda dan Pakar Teknologi Nano di AS, Asal Indonesia

Sejarah Layout: Dari Zaman Batu Hingga Zaman Internet

ARTIKEL ILMIAH POPULER