Tips dan Trik Untuk Perkuliahan ala Edukasi LSiS

Tanpa terasa liburan telah usai, dan untuk memulai kuliah lagi tentu memerlukan persiapan yang lebih baik dari sebelumnya. Tim Edukasi punya sedikit tips buat pembaca yang bakalan sibuk kuliah buat semester depan, apa saja ya tipsnya? 
1. Mencatat sekreatif mungkin
Mencatat rapi tuh udah nggak jaman. Percuma catetan kamu rapi sedap dipadang tapi ternyata nggak lengkap frown emoticon . Untuk menyiasatinya, kamu bisa tulis dulu acak acakan di sebuah buku atau kertas lalu kamu salin lagi di rumah, dengan begitu kamu bakalan belajar lebih. Bisa aja loh kamu buat catetan berwarna, catat bagian yang penting dengan
warna merah atau warna yang kamu suka, ini sangat cocok buat kamu yang tipe belajarnya mengacu ke arah visual dan kinestetik, atau yang suka nggambar bisa tuh buat dipojok catetan kamu, jadi catetanmu bakalan asik dibacanya.
Oh ya, biasanya yang disampaikan oleh Dosen itu lebih penting daripada slide yang ditampilkan. Jadi, bijak bijak mencatat ya. Makanya, mengenal dosen itu penting smile emoticon
2. Catetan kamu sering hilang entah kemana? Pakai buku tulis like emoticon
Jadi dengan adanya satu buku tulis untuk tiap satu mata kuliah, kamu tidak kebingungan, berbeda kalau kamu pakai binder, cepat atau lambat hilang-hilang itu catatan di binder. Apalagi kalau pake kertas HVS. Tapi ini nggak berlaku ya buat yang bisa ngerawat catetan, kalau tipe orang seperti ini sih, nyatet dimana aja sih oke oke aja like emoticon
Nah, halaman pertama kamu tulis untuk:
-Nama mata kuliah
-Ruang kuliah dimana
-Nama dosen, kalau ada no HP juga, jadi kalau ada perlu, biar enak
-Judul buku yang akan dipakai
-Serta pembagian nilai UTS, UAS, Tugas, Kuis, dan lain lain
-Serta silabus perkuliahan selama satu semester berjalan
Ini penting smile emoticon
3. Kalau ada perkuliahan, simak perkuliahan seperti menonton tiket bioskop hari sabtu!
Jangan tidur kalau kuliah, inget ya kuliah itu mahal loh, banyak orang-orang diluar sana yang nggak seberuntung kita ingin belajar seperti kita, tapi nggak mampu, makanya kita harus bersyukur.
Cari tempat yang kamu suka, kalau kamu suka di depan ya duduklah di depan, kalau kamu suka di tengah ya di tengah, sukanya dibelakang ya dibelakang. Setiap Mahasiswa punya selera kenyamanan yang berbeda-beda kok. Tapi, buat catatan aja sih, kalau duduk di belakang jangan keseringan ngobrol ya, biasanya godaan terberatnya ada disini smile emoticon . Ingat, simak perkuliahan seperti menonton tiket bioskop hari sabtu!
4. Jangan malu untuk bertanya, nggak usah gengsi
Kalau kurang jelas dalam mengahadapi mata kuliah yang sulit,jangan segan-segan untuk meminta tutor dari kakak kelas yang pandai. Kamu bukan manusia pertama yang kuliah di kampus MIPA,dan pasti ada yang pernah mendapatkan nilai A atau B untuk mata kuliah paling sulit sekalipun. Sehingga ketika kamu mau mengambil mata kuliah yang sangat-sangat terkenal sulit, kamu lebih baik untuk mulai mencari kakak kelas yang pandai.
5. Jangan berpikiran negatif terus ke dosen
Mungkin banyak yang bilang dosen yang itu pelit nilai, galak, apapun kata-kata negatif lainnya. Sebagai mahasiswa yang bijak, seharusnya kamu sadar bahwa semua dosen itu tulus ngasih ilmu ke kita.
Jadi, balik lagi ke awal, pasti bisa mendapatkan nilai yang ingin kamu targetkan. Caranya, kamu harus bisa memahami sifat dosen itu.
-Udah tahu dosennya bikin ngantuk, kamu malah tiduran? Kenapa nggak makan permen aja?
- Udah tahu dosennya nggak suka mahasiswa terlambat, kamu malah sering telat
- Udah tahu dosen ngajarnya cepet banget, kamu malah nggosip terus sama temen sebelah
Itu baru beberapa contoh, kamu bakalan menemui lagi dosen-dosen yang 'unik'. Jadi, pahami dosennya. Jangan kamu malah membencinya. Ini baru dunia kampus, di dunia kerja kamu bakalan lebih epic lagi menghadapi tipe tipe manusia yang nggak kamu sangka-sangka.
6. Belajar Bersama dengan teman-teman
Nah, ini bisa kamu lakuin beberapa kali bareng teman-temanmu. Apalagi didampingi tutor, belajarmu bakalan lebih terarah. Nah, LSiS sediri bakalan ngadain kegiatan belajar bersama nih nanti. So, tunggu aja ya tanggal mainnya
7. Berdoa dan rajin beribadah
Ingat, usaha tanpa berdoa itu sombong. Tetapi, berdoa terus tanpa usaha juga bohong frown emoticon

- Tim Edukasi -

Comments

Popular posts from this blog

Professor Muda dan Pakar Teknologi Nano di AS, Asal Indonesia

Sejarah Layout: Dari Zaman Batu Hingga Zaman Internet

ARTIKEL ILMIAH POPULER