"Pantai di Jogja" Pilihan Destinasi Wisata dengan Segudang Nilai Eksotis 

           
Liburan menjadi momen yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, teman dan orang terdekat, tentunya untuk menghilangkan rasa penat dan lelah atas segala rutinitas yang dilakukan sebelum masa liburan. Apakah setiap orang butuh liburan? Ya. Liburan menjadi suatu kebutuhan bagi setiap orang, karena dengan liburan pikiran akan jernih kembali, dan inspirasi baru pun akan Anda temukan. Selain itu, tubuh juga menjadi lebih sehat karena saat liburan tubuh lebih banyak melakukan relaksasi dengan beristirahat dan tidak tertekan untuk melakukan seuatu pekerjaan.
          Ada banyak pilihan tempat wisata untuk menikmati liburan bersama keluarga, teman dan orang terdekat, wisata alam seperti pantai misalnya. D.I.Yogyakarta, provinsi dengan budaya Jawa yang kental ini sudah sejak lama terkenal dengan sejumlah pantai indah yang dimilikinya. Berikut adalah pantai-pantai Jogja yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata Anda bersama keluarga, teman dan orang terdekat.

1. Pantai Krakal
          Pantai Krakal terletak di desa Ngertirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul sekitar 63 km sebelah tenggara dari kota Jogja melewati Wonosari dengan jalan pegunungan yang
berliku dan memerlukan waktu tempuh sekitar dua jam dengan mobil. Pantai ini merupakan salah satu dari sederet pantai indah yang ada di Gunung Kidul. Ketika mengunjungi pantai Krakal Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah, dimana sepanjang jalan menuju pantai Krakal Anda akan melihat deretan bukit kapur yang berdiri kokoh dan sesampainya di pantai Krakal Anda kembali disuguhkan dengan pemandangan yang menyegarkan mata berupa hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Tak ketinggalan batu karang yang ada di sekitar bibir pantai dan menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil serta biota laut kecil lainnya ikut menambah keindahan pantai. Ombak yang bersahabat dan fasilitas yang tersedia seperti warung makan, toilet, mushola, serta toko souvenir tentunya dengan harga yang terjangkau juga menjadi nilai tambah pantai ini. Bagi Anda yang akan mengunjungi pantai Krakal ini disarankan untuk memakai alas kaki karena sebagian besar batu karang di sini cukup tajam. Jadi, walaupun sedang berlibur Anda tetap harus berhati-hati ya.

2. Pantai Indrayanti
          Pantai Indrayanti atau yang juga dikenal dengan nama pantai Pulang Syawal merupakan pantai indah berpasir putih yang masih satu deret dengan pantai Krakal yang berlokasi di desa Tepus, Wonosari, Gunung Kidul, DIY. Pantai ini menyajikan pemandangan alam yang tidak kalah indahnya dengan pantai Krakal dimana hamparan pasir putih berpadu apik dengan laut yang jernih dan deburan ombak yang bersahabat, ditambah pula batu karang besar di bagian barat pintu masuk pantai semakin melengkapi pemandangan indah di pantai ini. Jika Anda berlibur ke pantai Indrayanti ini Anda tidak perlu repot-repot membawa alas duduk atau semacamnya karena di sekitar pantai tersedia gubug yang bisa disewa sebagai tempat duduk atau tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan pantai yang tentunya dengan harga terjangkau. Adapun fasilitas lainnya yang tersedia yaitu warung makan, lahan parkir luas, toilet, toko souvenir, dan penginapan. Selain keindahannya, pantai Indrayanti juga terkenal dengan kebersihannya. Warga sekitar menjaga kebersihan pantai ini dengan menerapkan denda bagi orang yang membuang sampah sembarangan, dengan begitu kelestarian pantai akan tetap terjaga dan tentunya pengunjung juga akan lebih merasa nyaman dengan pantai yang bersih. Hal ini terbukti dengan ramainya wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Maka, tak ada salahnya bila Anda menjadikan pantai Indrayanti sebagai destinasi wisata bersama keluarga, teman dan orang terdekat.

3. Pantai Sundak
          Pantai Sundak merupakan deretan pantai berikutnya setelah pantai Indrayanti, dan pantai Krakal. Pantai ini berlokasi di desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, Wonosari, Gunung Kidul, DIY, tepatnya sekitar 1 km sebelah timur dari pantai Krakal. Pemandangan alam yang indah dengan hamparan hijau yang luas, pasir putih, jernihnya air laut dan udara yang segar menjadikan tempat ini terkenal sebagai tempat yang nyaman untuk berwisata dan camping. Bagi Anda dan keluarga yang ingin menikmati keindahan pantai dan laut dengan cara berbeda di pantai Sundak ini tersedia sebuah resor terbuka tur off-road untuk menikmati pemandangan laut Samudera Hindia. Selain itu, Anda dan keluarga juga bisa mencoba berlayar dengan perahu tradisional nelayan dan memancing di laut yang tentunya akan memberi kesan dan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Sama seperti pantai lainnya, pantai Sundak menyediakan beberapa fasilitas yang akan menambah kenyamanan liburan Anda bersama keluarga di antaranya yaitu warung makan, toko souvenir, jasa pijat, toilet, mushola, lahan parkir luas, dan penginapan. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan pantai dengan cara yang berbeda, pantai Sundak ini sangat direkomendasikan.

4. Pantai Sepanjang
          Sesuai dengan namanya pantai Sepanjang merupakan pantai yang memiliki garis pantai yang panjang membentang dari barat ke timur dengan hamparan pasir putih sejauh mata memandang. Bukit karang yang menghiasi pantai, air laut yang jernih dan ombak yang saling bekejaran kian menambah keindahan alam yang disuguhkan kepada Anda ketika berkunjung ke pantai ini. Suasana pantai yang sepi dan tenang serta lingkungan yang bersih akan membuat Anda merasa lebih nyaman hingga pantai ini terasa seperti milik sendiri. Memang pantai Sepanjang ini pengunjungnya tidak seramai pantai lainnya yang masih satu deret, hal ini mungkin dikarenakan fasilitas yang tersedia tidak sebanyak pantai lain seperti pantai Indrayanti. Namun, bukan berarti pantai Sepanjang tidak bagus untuk dikunjungi, hanya saja pantai ini menyuguhkan keindahan alam dengan caranya sendiri. Ketika berjalan menelusuri pantai pada saat air laut sedang surut rumput laut dan biota laut akan terlihat di sekitar batu-batu karang yang tentunya membuat pantai ini semakin menarik untuk dikunjungi. Kemiripan yang dimiliki pantai Sepanjang dengan pantai Kuta yang ada di Bali ketika masih sepi pengunjung menyebabkan pantai ini dijuluki sebagai gambaran “Pantai Kuta zaman Dulu”. Ya kalau dilihat sekilas pantai Sepnjang memang mirip dengan pantai Kuta terutama hamparan pasir putih dan suasananya yang tenang menyepi menemani indahnya matahari tenggelam. Jika Anda dan keluarga ingin berlibur ke pantai tapi tidak suka keramaian pantai Sepanjang merupakan pilihan destinasi wisata yang tepat.    

Pantai Wediombo
Satu lagi pantai menawan yang terdapat di Gunung Kidul, tepatnya terletak di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, Gunung Kidul. Sesuai dengan namanya Wediombo dengan “Wedi” yang berarti pasir dan “Ombo” yang berarti luas pantai ini merupakan pantai yang luas dengan ciri yang hampir sama dengan deretan pantai lain di Gunung Kidul yakni hamparan pasir putih dan air laut yang jernih serta adanya batu karang yang menghiasi pantai. Hal yang membuat pantai Wediombo berbeda dengan pantai lainnya yaitu letaknya yang terpencil di ujung timur dan merupakan pantai yang berbentuk teluk dengan dinding perbukitan hijau nan subur. Ya jika biasanya Anda akan melihat deretan bukit kapur pada pantai lain di Gunung Kidul, kali ini mata Anda akan disejukkan dengan pemandangan hijau dinding bukit yang turut melengkapi indahnya pemandangan yang disajikan pantai Wediombo ini bersama dengan deburan ombak dari laut yang jernih, batu karang, pasir putih dan hembusan angin yang selalu menyegarkan suasana. Tidak ketinggalan pula pepohonan rindang yang ada di tepi pantai akan ikut menemani liburan santai Anda bersama keluarga, teman, dan orang terdekat. Banyak aktivitas yang bisa Anda dan keluarga lakukan di pantai ini, di antaranya yaitu memancing, hiking, dan tentunya berfoto dengan panorama yang indah. Jangan khawatir Anda dan keluarga akan kesulitan bila berlibur ke pantai ini, meski letaknya cukup terpencil dibandingkan dengan pantai lain pantai ini tetap memiliki fasilitas pendukung yang akan membuat Anda dan keluarga tetap merasa nyaman, di antaranya yaitu warung makan, mushola, toko souvenir, toilet, dan lahan parkir yang luas. Memang tidak mudah, melelahkan dan memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk sampai di pantai ini. Namun, semua itu akan terbayar ketika Anda dan keluarga sampai dan menikmati keindahan alam serta kenyamanan yang disuguhkan oleh pantai Wediombo yang tentunya akan membuat Anda dan keluarga tertarik untuk kembali berlibur ke pantai ini suatu hari nanti.
          Itulah beberapa pantai indah Jogja yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata Anda bersama keluarga, teman dan orang terdekat. Masih banyak lagi pantai indah lain yang ada di D.I Yogyakarta seperti pantai Depok, parangtritis, Drini, Ngrenehan, Baron, Timang, Siung dan banyak lagi yang tentunya tidak akan selesai dibahas dalam artikel ini. Jadi, jika Anda sekeluarga ingin membuktikan sendiri keindahan alam dan nilai eksotis yang disuguhkan oleh pantai-pantai Jogja silahkan datang langsung ke pantai-pantai tersebut dan buat liburan Anda bersama keluarga, teman dan orang terdekat Anda menjadi liburan yang berkesan dan tak terlupakan. (Deca)

Comments

Popular posts from this blog

Professor Muda dan Pakar Teknologi Nano di AS, Asal Indonesia

Sejarah Layout: Dari Zaman Batu Hingga Zaman Internet

ARTIKEL ILMIAH POPULER