Selamat Datang di Era Informasi


Information is a power. Tidak bisa dipungkiri bahwa kehidupan sehari-hari saat ini tidak terlepas dari informasi. Informasi menjadi hal yang begitu berarti. Permasalahan pada seseorang datang dari apa yang dia ketahui dengan apa yang tidak dia ketahui. Mereka yang mengetahui lebih banyak informasi akan mendapatkan keuntungan tersendiri. Bahkan, ada pendapat bahwa siapa yang dapat menguasai informasi, dia akan memiliki peluang yang lebih besar untuk berhasil. Ya, sekarang ini sudah bukan saatnya lagi  hanya berangan-angan  dapat memiliki kantong ajaib ketika kita ingin ini, ingin itu, banyak sekali. Pada kenyatannya ada senjata yang lebih ampuh yang harus kita miliki untuk dapat menggenggam dunia. Selamat datang di era informasi.
Mendengar kata informasi, akan ada banyak hal yang dapat kita hubungkan. Berita, jurnalistik, dan media adalah tiga hal yang berhubungan sangat erat dengan kata informasi disamping hal-hal yang lain. Kegiatan jurnalistik menghasilkan berita yang dipublikasikan melalui media sehingga dapat diterima oleh publik sebagai suatu informasi. Informasi yang disampaikan sangat beragam dan publik pun dapat menilainya dengan pendapat yang beragam pula. Ada informasi yang berkualitas namun ada pula yang cenderung klise.
Dari sudut objek informasi sendiri, yaitu masyarakat, ada yang kritis dalam memilah dan memilih informasi namun ada pula yang cenderung mengikuti tanpa menyeleksi informasi apapun yang ditiupkan oleh media. Golongan yang ke dua ini dapat dikatakan telah hanyut dalam arus informasi, dan ironisnya golongan ini pula yang mendominasi kalangan penghuni negeri ini. Hal itu secara tidak langsung dapat mempengaruhi media informasi untuk menghembuskan informasi-informasi picisan demi memenuhi selera penikmat informasi sekaligus menyamarkan alasan mengejar materi.
Di luar hal-hal di atas, yang perlu digarisbawahi adalah tidak semua media informasi dapat diasumsikan sedemikian buruknya. Masih banyak media yang tetap menjunjung nilai-nilai jurnalisme sehingga dapat menyajikan informasi yang berkualitas tinggi. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa media dan jurnalistik memiliki peran yang besar dalam setiap perkembangan terkini di seluruh pelosok bumi.
Dari awal sudah disinggung mengenai betapa kuatnya pengaruh informasi dalam kehidupan sehari-hari. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa media dan jurnalistik yang berada di balik informasi itu sendiri memiliki pengaruh yang lebih besar. Media dan jurnalistik dapat mempengaruhi publik untuk melakukan hal-hal tertentu. Pengaruh tersebut bisa baik, bisa buruk, bisa bermanfaat, namun bisa pula bersifat merugikan. Hal itu tergantung dari masing-masing individu dalam menyikapinya.
           Ada sisi negatif, namun banyak pula sisi positif yang dapat kita ambil dari peran media dan jurnalistik. Dari media dan jurnalistik kita dapat mengetahui isu-isu terkini yang dapat memperkaya kita dengan segudang informasi. Dari peran media dan jurnalistik kita dapat berkembang menjadi sosok yang lebih baik. Dari peran media dan jurnalistik pula, kita berharap negeri yang kita cintai ini akan tersenyum sentosa.


-Nuning Setiyarti (Departemen Edukasi)-

Comments

Popular posts from this blog

Professor Muda dan Pakar Teknologi Nano di AS, Asal Indonesia

Sejarah Layout: Dari Zaman Batu Hingga Zaman Internet

ARTIKEL ILMIAH POPULER