Departemen Bahasa LSiS dan KF Gama Sukses Gelar Simulasi Tes IELTS


Belum lama ini, Departemen Bahasa LSiS sukses menggelar acara Simulasi Tes IELTS. Tepatnya pada hari Sabtu, 28 Februari 2015 lalu. LSiS dan KF Gama bekerjasama dengan lembaga Swift mengadakan tes simulasi IELTS secara gratis. Acara ini sekaligus dalam rangka ulang tahun yang ke-4 Lembaga Swift. IELTS (International English Language Testing System) adalah salah satu jenis tes kemampuan bahasa Inggris yang menggunakan bahasa Inggris British. Jumlah peserta dalam simulasi ini adalah 50 orang.
Simulasi ini sebagai wadah bagi para mahasiswa FMIPA UGM, khususnya bagi anggota LSiS dan KF Gama untuk mengetahui sejauh mana kemampuan bahasa Inggrisnya. Selain itu, tes ini bertujuan untuk mempersiapkan tes yang sesungguhnya. Nilai tes IELTS ini biasanya digunakan saat mendaftar bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Tes ini meliputi: listening, reading, writing, dan speaking. Uji coba ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan dalam hal membaca, berbicara, dan menulis dalam bahasa Inggris cukup utuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya.
Perbedaan antara tes TOEFL dan tes IELTS  yaitu tes TOEFL menggunakan bahasa Inggris Amerika sedangkan tes IELTS mengggunakan bahasa Inggris British. Walaupun keduanya relatif sama ada beberapa ejaan, idiom, dan logat yang berbeda diantara keduanya. Oleh karena itu, jika ingin melanjutkan sekolah ke Amerika, yang diperlukan adalah skor TOEFL dan jika ingin bersekolah ke Inggris, Australia, Canada maka yang diperlukan adalah skor IELTS. Sedangkan negara-negara lain seperti Belanda, Jerman, dan Singapura menerima skor baik TOEFL maupun IELTS.

            Hasil simulasi tes IELTS ini akan diumumkan dua minggu setelah diselenggarakannya simulasi. Masing-masing peserta akan mendapatkan sertifikat hasil tes IELTS. Tes simulasi ini adalah pertama kali diselenggarakan oleh LSiS. Tentu antusiasme para peserta tes ini sangatlah tinggi. Diharapkan tes IELTS ini dapat diadakan setiap tahunnya, karena tes ini sangat membantu para mahasiswa untuk mengetahui kemampuan dalam berbahasa inggris. 

Comments

Popular posts from this blog

Professor Muda dan Pakar Teknologi Nano di AS, Asal Indonesia

Sejarah Layout: Dari Zaman Batu Hingga Zaman Internet

ARTIKEL ILMIAH POPULER