[Cerpen] Blackberry "Lola"




Source : Engadget


Bel bunyi tanda pulang sekolah baru saja berbunyi. Para siswa berhamburan keluar kelas, bersamaan dengan keluarnya senyum-senyum manis sebagian siswa yang bahagia karena pelajaran telah usai. Sedangkan sebagian yang lainnya hanya menganggapnya sebagai hal biasa yang mengisi satu dari sekian juta peristiwa-peristiwa yang terangkai dalam hidupnya. Sinar matahari kian merangkak ke langit bagian barat, kian hari kian kuat sinar pancarannya. Terdengar bagus ketika kita memikirkan bahwa matahari yang merupakan sumber energi terbesar di bumi pancarannya semakin kuat, dari satu sisi penggunaan energi alternatif yang menggunakan matahari akan semakin mudah didapatkan. Tapi sesuatu yang berlebihan benar-benar bukanlah sesuatu yang baik. Mungkin saja matahari justru akan termusnahkan oleh energi yang terlalu besar itu suatu saat nanti. Mungkin. Tapi entahlah, setidaknya sinar matahari yang kian hari kian cerah ini telah ikut mencerahkan jalanku menuju masa depan yang semoga cerah juga.
Dan awal kebebasanku setelah pulang sekolah hari ini diawali dengan mengerjakan tugas kelompok mapel kimia di rumahku. Haahhh, tugas lagi tugas lagi. Apa benar tugas-tugas ini bisa membawaku ke jalan yang cerah? Entahlah, yang jelas tugas-tugas ini telah mencerahkan salah satu bagian dari hidupku, yaitu lampu kamar yang semalaman tidak kunjung mati seiring dengan keberadaan tugas-tugas yang tak kunjung mati juga.
         Dimana-mana kerja kelompok pasti punya satu kesamaan, sama-sama hanya dikerjakan oleh satu orang dan yang lainnya sibuk mengerjakan kesibukkan mereka masing-masing. Setelah beberapa jam berlalu dan setelah berhasil menyulap kamar tidur ini menjadi tenda pengungsian, teman-temanku pun akhirnya pulang menyisakan si pemilik kamar yang harus menyulap tenda pengungsian kembali menjadi kamarnya lagi. Semuanya benar-benar berantakan dari mulai meja belajar yang isinya hanya makanan, sprei kasur yang sudah tidak berbentuk,kertas dimana-mana, dan tambah berantakan karena saya baru saja menambahkan populasi baru di kasur yaitu pensil dan pulpen gambar yang tadi saya beli. Dan karena terlalu banyak tempat yang harus dirapikan. Saya memutuskan untuk tidak merapikan kamar, dan menonton TV. Sayangnya saya menyalakan TV di waktu yang salah, karena pada jam-jam seperti ini hampir semua stasiun TV menampilkan acara berita yang hampir saya hafal isi beritanya, korupsi. Saya yang nonton beritanya saja merasa bosan tapi kenapa yang korupsi tidak kunjung bosan yaa-_-. Berdalih terpaksalah,keadaan terdesak lahh inilah itulah kkkk alasan macam apa itu. Bukankah di dunia ini semua orang pasti punya saat-saat terdesak? Tapi tidak semua orang menyelesaikannya dengan cara korupsi bukan? Tiba-tiba HP saya berbunyi, 1 pesan masuk ”Minggu depan uang iuran jaketnya dibawa ya buat bayar DP."
           Saya langsung beranjak ngambil tas buat mengecek dompet saya. "Eh kok ngga ada? Apa saya kurang teliti nyarinya yaa? Coba deh saya teliti lagi. Ehh seriusan ngga ada nih. Apa ngga saya taroh di dompet yaa?aaa mungkin saya taroh di tengah-tengah buku-buku atau di tempat pensil!" Barang-barang di tas saya rapikan, tiap lembar buku nya saya bukain satu-satu. Saya bener-bener ngerasa bingung. Harus berapa kali saya bukain tiap lembar kertas di buku saya demi nyari uang itu? Astaga saya bingung harus bereaksi seperti apa. Bener-bener ngga ada. Bener-bener nihil ngga ada. Astaga kemana uang 700.000 itu? Uang nih bukan daun. Saya udah ngga bisa mikir secara logis. Rasanya perasaan takut saya udah mendominasi jiwa saya. Saya mulai nyari-nyari dompet saya di tempat yang ngga mungkin disinggahi dompet saya karena saya inget banget tadi dompetnya saya bawa ke sekolah dan belum saya keluarin sampe sekarang.Saya mulai menggalau  Aduh kualat saya nih abis ngata-ngatain koruptor. Yaampun ternyata kaya gini yaa yang namanya keadaan terdesak?. Sekarang saya bener-bener terdesak.Akhirnya semaleman saya ngubek-ngubek isi kamar saya yang berantakan demi nyari dompet. Dan alhasil nihil. Dompet saya ngga ada. "Apaan ini.Bisa-bisanya saya ngilangin uang 700.000. Kalo itu daun semua masih mending, nah ini uang bukan daun!"

Rasanya kantong air mata saya ngga bisa nampung volume air mata saya lagi. Saya nggatau harus gimana. Minta uang ke orang tua? Yang ngilangin aja saya masa yang suruh ngganti orang tua saya? Astaga saya ngga berani minta uang ke orang tua. Nah terus saya harus gimana? Mana besok ulangan fisika bab tekanan fluida lagi. Tekanan yang saya alami sekarang aja udah bikin pusing tambah-tambah ulangan tekanan besok. Bener-bener tekanan yang berulang-ulang. Oke saya mulai mikir logis. Satu-satunya jalan keluar saya harus ngganti uang itu tapi uang darimana? Apa saya harus ikut undian kirim bungkus pasta gigi berhadiah piring cantik? Ide buruk. Bahkan ngga bakal ada orang yang minat beli piring ber-merk. Bukan ber-merk dalam arti kata sebenarnya,melainkan piring yang bertuliskan merek produk. Emm, ganti ide.Tapi saya ngga punya ide. Rasanya ilmu fisika bab listrik tidak  membantu sedikit pun buat nyambungin kabel-kabel di otak saya yang terputus.
“Piyik..piyik..piyik..” Di tengah kegalauan di tengah malam ini ,  bisa-bisanya saya ndenger suara anak ayam? Stop, apa? Anak ayam? Astaga ini persis kaya cerita Lola tadi siang. Kalo beneran bakal ada Kuntilanak yang dateng gimana yaaa? Mana ini jam 12 lagi.Astaga saya harus gimana. Aha! selimut! Saya langsung mbanting diri ke kasur yang berantakan dengan kertas dan tutupan pake selimut. Di dalam selimut saya mainin tombol volume di handphone saya biar layar HP tetep nyala. Kalo beneran ada yang dateng saya harus gimana yaa? Saya bisa njerit ngga ya? Ibuku bisa ndenger jeritan saya nga ya? Eh tunggu bentar. Saya kan ngga salah apa-apa kenapa saya harus takut. Saya kan ngga punya urusan apapun, dan yang paling penting saya kan ngga punya hutang sama yang bersangkutan.Astaga,kenapa saya bodoh banget ya? Apa saya masih harus mikirin cerita horror jadi-jadian di tengah keadaan genting kayak gini? Tapi kalo mereka dateng saya kan tetep aja takut.Mana besok ulangan fisika lagi. Mmm, mungkin saya bisa baca materi di dalam sini.Saya coba nyari buku fisika di kasur pake kaki sama tangan saya masih dalam keadaan tutupan pake selimut. Tapi ngga ketemu yang ada bukunya jatuh berserakan dan saya hanya berhasil ngambil selembar kertas, kertas brosur pula. Mata saya melotot.Saya langsung bangkit dari kasur. Kyaaaaaaaaaaaaaaa! Ada lomba bikin komik berhadiah Blackberry keluaran terbaru. Bener-bener habis gelap terbitlah terang. Bukan terang dari cahaya lampu yang terus terang terang terus, tapi jalan keluar yang terang! Ternyata istilah habis gelap terbitlah terang bener-bener berlaku di dunia ini, bukan cuma di buku sejarah. Kayanya ini satu-satunya jalan keluar terbaik. Oh iya saya lupa. Kalo beneran ada yang dateng gimana? Suara itu kedengeran lagi. Saya merinding tapi tetep penasaran. Semakin saya dengerin semakin jelas. Tapi semakin berubah jadi aneh. Tadi “piyik..piyik..piyik..” kenapa sekarang jadi “piyak..piyak..piyak..” Astaga, sial itu suara tukang nasi goreng mukul-mukul wajan! Ahahaha sontak saya ketawa sendirian di tengah malam kaya gini. Yaiyalah sendirian kalo tiba-tiba ada yang dateng dan ikutan ketawa kan ngeri. Mendadak saya jadi kepikiran ide judul film horror yang bagus ”Suara anak ayam dan gelak tawa di malam hari” hahaha.
Setelah beberapa saat konslet, akhirnya otak saya kembali ke jalan yang benar. Saya buka laptop nyari informasi tentang lomba ini sekaligus mikirin konsep yang bakal saya buat dan menyerahkan urusan ulangan fisika kepada yang di-Atas. Rasanya ini pertama kalinya saya ngerasa ngga ada jalan lain selain menang pas ikut lomba. Pantes aja dulu saya selalu kalah. 1 hari 2 hari 3 hari 4 hari, dan sampai waktu deadline tiba saya berjuang siang dan malem nyiapin itu semua dan mengesampingkan tugas-tugas yang biasanya juga saya kesampingkan. Hari deadline tiba, saya ngirim komik saya di hari terakhir pengiriman. Saya bener-bener lega. Ternyata inilah “The Power of Kepepet ” yang sering dipeributkan temen-temen kelas dan baru saja saya alami.
          Hari pengumuman tiba. Pulang sekolah saya langsung lari ke rumah. Sampe rumah saya langsung buka laptop.Pengumuman masih 15 menit lagi, dan di 15 menit itu saya panas dingin, mulut komat-kamit sambil baca mantra pengusir unsur-unsur kekalahan. Dan sekarang saya buka mata. Ehm, Alhamdulillah saya menang. Kyaaaaaaaaaaaaaa saya menang! Saya jingkrak-jingkrak. Dan jingkrakan saya berlanjut sampe keesokan harinya di tempat penerimaan hadiah.Blackberry!  Setelah dapet hadiah yang berniat saya jual, iseng-iseng saya coba dulu Blackberry nya. Saya ngirim sms ke beberapa temen saya. Ehh Lola langsung mbales sms saya ”Eciyeeeeeh HP baruuu makan-makan yaaa. Makan apa aja boleh deeeh asal jangan makan ati wkwk. Ohiya dari kemaren Lola mau ngomong tapi lupa terus. Pas ngerjain tugas di rumah kamu dompet kamu kebawa hehe, besok pagi ingetin yaa buat mbawa dompetnya!” Sontak saya bingung harus bereaksi apa. Kenapa bingung? Karena sebenernya saya pengen langsung banting Blackberry baru ini setelah mbaca sms dari Lola tapi sayangnya ini Blackberry baru. Akhirnya saya bales sms dari Lola, “Kayaknya saya sekarang tahu kenapa kamu punya nama ‘Lola’. Ohya makasih ya berkat kamu, saya jadi punya Blackberry baru wkwk.”

Penulis : Yuan Aeni F.


Comments

Popular posts from this blog

Professor Muda dan Pakar Teknologi Nano di AS, Asal Indonesia

Sejarah Layout: Dari Zaman Batu Hingga Zaman Internet

ARTIKEL ILMIAH POPULER