Research Camp Tak Hanya Sekedar Research

Foto Kegiatan Research Camp | Kredit : Tim PDD
Research Camp atau RC adalah sebuah kegiatan tahunan dari LSiS. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara  beberapa departemen yaitu Community Development, Riset, dan PSDM. Untuk itu kegiatan ini memiliki tiga tujuan utama yaitu sebagai alur kaderisasi, menumbuhkan kreativitas dan inovasi serta menanamkan jiwa KPK (Kompeten, Profesional, Kontributif) bagi para new LSiSer's. Di tahun 2013 ini RC diadakan di Desa Gabungan, Kecamatan Turi, Sleman, Yogyakarta. Meski hanya berlangsung selama dua hari satu malam (23-24 November kemarin), namun tidak menyurutkan semangat anggota magang atau new LSiS'ers untuk meramaikan kegiatan ini, terbukti dari jumlahnya yang mencapai kurang lebih 70 orang.
Seperti nama kegiatannya, Research Camp ini bertajuk pada kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Namun sebelum keberangkatan menuju lokasi, para peserta dibekali dengan materi mengenai penelitian dan cara bersosialisasi dengan masyakarat. Pembekalan ini dianggap penting bagi peserta agar lebih luwes dalam berinteraksi dengan masyarakat, sesuai dengan himbauan ketua panitia Azmi Sanjaya, dalam sambutannya. Setelah pembekalan acara dilanjutkan dengan ishoma dilanjutkan dengan keberangkatan menuju Desa Gabugan dengan tiga buah bus. Rombongan tiba di Pendopo Desa Gabugan sekitar pukul 13.30 dan acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dukuh setempat. Dalam sambutannya, kepala dukuh menyampaikan keadaan dan potensi Desa Gabugan itu. Informasi yang diberikan oleh bapak kepala dukuh sangat membantu karena setelah itu peserta RC langsung terjun ke lapangan untuk melihat lebih detail keadaan dan potensi Desa Gabugan.
    Selama perjalanan, terdapat beberapa hal yang menarik dan lucu. Diantaranya adalah banyak peserta yang kurang hati-hati dalam menyebrangi sungai hingga akhirnya terpleset dan jatuh ke sungai. Beruntung sungai tersebut tidak dalam, sehingga peserta hanya menderita basah pada pakaian yang mereka kenakan. Selain itu games yang diberikan pemandu juga tak kalah membuat gelak tawa, karena dikemas dengan sangat komunikatif dan diselingi komedi yang segar. Hal yang paling menarik selanjutnya adalah ketika peserta mempresetasikan hasil observasinya selama seharian. Dari presentasi yang peserta beberkan terlihat New LSiSer's sangat bersemangat dan memiliki kreatifitas yang tinggi, terbukti dari ide mereka yang inovatif.
    Dan dari seluruh rangkaian kegiatan peserta beranggapan, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menunjang kemampuan riset dan sosialisasi pada masyarakat. Juga mengasah pemikiran kritis terhadap suatu masalah serta pemanfaatan maksimal terhadap potensi yang ada. Nilai Plus lain dari kegiatan ini adalah karena tidak hanya teori yang didapat tapi juga praktek langsung. Sehingga Peserta dapat merasakan langsung pengalaman terjun ke masyarakat yang akan sangat berguna bagi mahasiswa kedepannya.

Penulis : N. Mega, N. Dian, Niken H, Zulfa A.
Editor : Loke

Comments

Popular posts from this blog

Professor Muda dan Pakar Teknologi Nano di AS, Asal Indonesia

Sejarah Layout: Dari Zaman Batu Hingga Zaman Internet

ARTIKEL ILMIAH POPULER