Tips Membuat dan Menyampaikan Presentasi
Hai hai hai :D Pada kesempatan kali ini, penulis
ingin mencoba membagikan tips dalam membuat dan menyampaikan suatu presentasi. Untuk
tingkatan mahasiswa, tentunya presentasi bukanlah suatu hal yang asing didengar.
Entah karena tugas dari dosen, promosi suatu kegiatan dalam konteks keorganisasian,
atau masih banyak lagi. Nah, kira2 gimana sih caranya membuat presentasi kita
itu jadi terlihat “wah”? Berikut ini beberapa tips versi penulis, check it out!
·
Tahap Pembuatan
1.
Pertama, kita pastinya harus punya dulu
media untuk penyampaian presentasinya, seperti Ms. Power Point, Prezi, dan
masih banyak lagi. (Dalam tulisan kali ini, penulis hanya akan membahas media
Ms. Power Point). Kemudian, coba kenali fitur-fitur apa saja yang ada
didalamnya. Caranya? Ya dengan sering2 menggunakan media tersebut. Semakin
sering kita gunakan, kita akan lebih mampu untuk mengoptimalkan tampilan
presentasi yang kita buat ^^
2.
Usahakan agar setiap kali kita membuat
presentasi yang berbeda, kita mencoba men-kreasikan sesuatu yang berbeda juga untuk
meningkatkan kreatifitas kita (bisa dengan cara mengubah font, background, animasi,
dan lain sebagainya).
3.
Perhatikan tema / bahasan yang akan
disampaikan. Sesuaikan background, animasi, dsb dengan tema tersebut.
4.
Usahakan warna font dengan warna
background terlihat kontras bedanya. Karena umumnya, apa yang terlihat
dilaptop/ komputer kita saat kita membuatnya, akan sedikit berbeda ketika
ditampilkan di layar menggunakan LCD (terkadang dilaptop/komputer terlihat
jelas, namun ketika dilayar menjadi samar2).
5.
Untuk ukuran font, usahakan lebih dari
28 pt (kurang dari itu, umumnya tulisan dilayar akan terlihat kekecilan).
6.
Dalam membuat presentasi, jangan terlalu
banyak menuliskan teks. Tulis teks pada slide hanya untuk menuliskan inti /
kata kunci dari apa yang ingin disampaikan. Selebihnya, disampaikan secara
lisan. Akan lebih baik jika diberi gambar-gambar yang menunjang. Seperti misalnya,
jika kita ingin menyampaikan suatu data statistik, akan lebih baik jika kita
meletakkan gambar grafiknya saja, kemudian kita jelaskan secara lisan isi dari
grafik tersebut.
7.
Jangan buat slide terlalu banyak. Satu
pokok pembahasan usahakan bisa ditulis hanya dalam 2 sampai 3 slide.
8.
Buat presentasi dengan durasi waktu
penyampaian sekitar 15 – 20 menit. Lebih dari itu, audience cenderung akan
bosan atau lelah.
·
Tahap Persiapan
1. Coba
latihan menyampaikan presentasi, bisa minta tolong temen jadi audience nya,
atau kalo nggak sempet, latihan didepan cermin aja :3
2. Saat
latihan, usahakan di-timer.
3. Kuasai
dan pahami materi yang akan disampaikan, jangan hanya dihafalkan. Karena dengan
memahami, akan membantu kita berimprovisasi (apalagi kalau kita sempat lupa,
kita bisa improve sendiri secara spontan tanpa keluar dari topik yang ingin
disampaikan).
4. Jika
diperlukan, kita bisa membuat catatan2 dikertas kecil untuk dibawa saat
kita presentasi.
·
Tahap Presentasi
1. Tibalah
saatnya presentasi :D
Fokus!
Jangan panik. Kondisiin diri kita menjadi nyaman sesuai cara kita masing2. Anggep
aja nggak ada yg nontonin kita presentasi. .
2. Tatap
mata audience. Jika memang belum terbiasa, tatap dahinya aja. Usahakan untuk
menatap keseluruh audience.
3. Jangan
bicara terlalu cepat, santai aja, tapi tetep perhatiin waktu J
Kalo
waktunya udah tinggal dikit, tapi ternyata materinya masih banyak yg harus
disampein, coba potong bagian2 yg tidak terlalu penting, jangan meningkatkan
kecepatan bicaranya. Inilah fungsinya kita memahami materi, jd kita juga tau
bagian mana yang sekiranya bisa dipotong.
4. Kenali
audiencenya dan atmosfir yang terbangun saat presentasi tersebut. Jika memungkinkan, coba selingi dengan joke untuk memecahkan suasana agar tidak monoton.
Nah itu tadi beberapa tips dari penulis untuk membuat
dan menyampaikan presentasi. Tapi, tips2 diatas itu nggak saklek ya, karena
akan lebih bagus ketika kita udah berhasil nemuin style kita sendiri dalam
membuat dan menyampaikan presentasi. Sekian, dan semoga bermanfaat. Semangat berkarya! :D
Comments
Post a Comment